Warung Internet
Home » , » Tugas Sejarah DemokrasiTerpimpin

Tugas Sejarah DemokrasiTerpimpin

 


Mumpung dah dapet info tugas dari temenku yang paling baik sedunia...amieenn :D hehe, langsung aja share tugas ne. Kali ini saya share Tugas Sejarah yang disuruh oleh Guru tercinta kami *mungkin* haha :D
Langsung aja COPAS !!!


1. Sejarah munculnya demokrasi terpimpin
Pemberontakan yang gagal di Sumatera, Sulawesi, Jawa Barat dan pulau-pulau lainnya yang dimulai sejak 1958, ditambah kegagalan MPR untuk mengembangkan konstitusi baru, melemahkan sistem parlemen Indonesia. Akibatnya pada 1959 ketika Presiden Soekarno secara unilateral membangkitkan kembali konstitusi 1945 yang bersifat sementara, yang memberikan kekuatan presidensil yang besar, dia tidak menemui banyak hambatan.


2. Pengertian demokrasi terpimpin
Masa demokrasi terpimpin (1957-1965) dimulai dengan tumbangnya demokrasi parlementer atau demokrasi liberal yang ditandai pengunduran Ali Sastroamidjojo sebagai perdana mentri. Namun begitu, penegasan pemberlakuan demokrasi terpimpin dimulai setelah dibubarkannya badan konstituante dan dikeluarkannya dekrit presiden 5 Juli 1959. Demokrasi Terpimpin adalah demokrasi yang dipimpin oleh sila keempat Pancasila. 

Namun oleh Presiden Soekarno diartikan terpimpin mutlak oleh presiden (penguasa).Hal yang paling mendasari pembentukan demokrasi terpimpin adalah kepribadian Soekarno dan militer yang dituangkan dalam suatu konsepsi. Konsepsi tentang suatu sistem yang asli Indonesia. Namun sistem ini ditolak oleh Hatta karena dikawatirkan bahwa hal ini akan kembali pada sistem tradisional yang feodal, otokratis, dan hanya dipakai demi kepentingan raja.

3. Kelebihan dan Kekurannya

Kelebihannya pengelolaan negara lebih dapat difokuskan oleh seorang pemimpin karena terpusat & pengendalian negara menjadi lebih mudah karena sentralnya pada satu pemimpin. Kekurangannya sistem cenderung otoriter karena kepemimpinan terpusat pada satu pemimpin, sehingga lama kelamaan kekuasaan menjadi semakin tidak terkendali & anti kritik. 

4.Ciri2
1) Dominasi presiden, Presiden Soekarno berperan besar dalam penyelenggaraan pemerintahan.
2) Terbatasnya peran partai politik.
3) Meluasnya peran militer sebagai unsur politik.
4) Berkembangnya pengaruh Partai Komunis Indonesia.
 

Maaf jika dalam penulisan artikel ini ada yang salah :D 
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Komentar Disini !!!
Biar Tambah Semangat yang Post Software dan Gamenya

My Inspiration

My Inspiration
Widget by: MILKY-CREATIONSZ

TRANSLATE HERE

DONASI

 
Support : SPECIAL THANKS TO | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Milky's BLOG™ | Download Full Software And Games - All Rights Reserved
Template Modify by Milk-Creationsz
Proudly powered by Blogger